Daerah penghasil marmer

 poles marmer - jasa poles marmer - harga poles marmer


Marmer atau batu pualam merupakan batuan hasil proses metamorfosa atau malihan dari batu gamping. Pengaruh suhu dan tekanan yang dihasilkan oleh gaya endogen menyebabkan terjadi rekristalisasi pada batuan tersebut membentuk berbagai foliasi mapun non foliasi.
Akibat rekristalisasi struktur asal batuan membentuk tekstur baru dan keteraturan butir. Marmer Indonesia diperkirakan berumur sekitar 30–60 juta tahun atau berumur Kuarter hingga Tersier.
Tulungagung adalah salah satu penghasil marmer terlama di Indonesia. Citatah adalah salah satu penghasil marmer di Indonesia yang membawa nama Indonesia sebagai salah satu produsen marmer di Indonesia
Saat ini daerah penghasil marmer (poles marmer) di Indonesia sangat tersebar, antara lain Lampung, Jawa Tengah, Bandung, Sulawesi, Kalimantan, Bangka, dan Kupang
Marmer bisa digunakan untuk berbagai keperluan, mulai dari bangunan sampai untuk barang-barang kerajinan, untuk pembangunan rumah misalnya Marmer bisa digunakan untuk Lantai serta Dinding atau untuk Kamar mandi, dan sebagai barang kerajinan, marmer banyak dihasilkan dengan berbagai bentuk yang unik dan menarik yang pasti akan menambah indah penampilan rumah Anda.
Sebagai barang kerajinan Marmer bisa digunakan untuk Patung, Lampu Taman, dan sebagainya.
Di Bali sendiri ada begitu banyak toko-toko atau Art Shop yang menjual kerajinan dari Marmer, Seperti jika Anda lewat Jalan Gunung Athena, disana Anda bisa menemukan Berbagai aneka Kerajinan dari bahan Marmer.